THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Minggu, 22 November 2009

Museum Perkenalkan Kampung Betawi Asli

Museum Sejarah Jakarta memperkenalkan kampung Betawi asli sebagai salah satu program pendidikan pengenalan asal usul Jakarta.

Kepala Museum Sejarah Jakarta, R.Manik, (Minggu, 3/6) seusai kunjungan anak-anak yatim piatu ke Kampung Betawi Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, mengatakan, Kampung Betawi asli makin tersisih sehingga perlu dilakukan upaya pengenalan bagi generasi muda.

Kami melakukan serangkaian program untuk memperkenalkan asal usul Kota Jakarta. Kegiatan awal dilakukan di perkampungan Budaya Betawi Srengseng Sawah, yang memiliki sekitar 4000 keluarga dengan dominasi warga Betawi asli.

Situs ini memiliki keunikan karena menjadi kawasan in situ seperti museum budaya yang hidup karena masyarakat asli turun temurun tinggal di satu lokasi. Kawasan Srengseng Sawah relatif homogen kata Manik.

Upaya pengenalan dirintis dengan membawa anak usia sekolah dasar ke lokasi tersebut. Setelah itu kegiatan akan dilanjutkan dengan jelajah Kota Tua yang dilakukan dengan bersepeda dan berjalan kaki di sekitar kawasan Kalibesar, Museum Sejarah Jakarta hingga kawasan Glodok-Pancoran.

Menurut Manik, saat ini sudah ada sejumlah komunitas pecinta Kota Tua sehingga memudahkan upaya sosialisasi. Namun program pengenalan akan terus dilakukan.

Sebagai penutup program pengenalan sejarah, Museum Sejarah Jakarta menggelar kunjungan ke situs sejarah Islam dengan mengunjungi masjid bersejarah di Luar Batang, masjid di Pekojan dan Masjid Kebon Jeruk di Jalan Hayam Wuruk.

0 komentar: